Minggu, 05 Januari 2014

Analisis PT. Hero Supermarket Tbk

Manajemen Perusahaan

Menurut analisis saya PT. Hero Supermarket Tbk termasuk kedalam perusahaan ritel. Karena, PT. Hero Supermarket Tbk melakukan aktivitas bisnis yang melibatkan penjualan barang dan jasa secara langsung kepada konsumen akhir.
PT. Hero Supermarket Tbk yang merupakan perusahaan ritel memiliki strategi untuk merebut pasar, dengan kata lain disebut dengan agresifitas dalam penyebaran flyer promosi, penekanan pada kualitas dan kenyamanan berbelanja. Manajemen dalam PT. Hero Supermarket Tbk ialah untuk merealisasikan proses perencanaan, pengorganisasian, penggerak, pengendalian, dan untuk pengorganisasian pelaksanaan dan pengawasan seluruh kegiatan dalam perusahaan ini.

Menurut analisis saya, PT. Hero Supermarket Tbk merupakan perusahaan ritel yang tak memproduksi sendiri barang dan jasa-nya, tetapi prusahaan ini mengelola sumber-sumber ekonomi untuk tujuan memperoleh laba. Staregi awal PT. Hero Supermarket Tbk untuk merebut pasar adalah agresifitas dalam penyebaran flyer promosi, penekanan pada kualitas dan kenyamanan berbelanja.
Dan PT. Hero Supermarket Tbk telah membuka banyak cabang, yang awalnya hanya memiliki satu atau lebih gerai, beberapa gerai yang dikelola oleh PT. Hero Supermarket Tbk yaitu: Cold Storage, Wellcome, Three Sixty, Eleven, Mercato, Oliver’s, Hero, Giant, Starmart, Lucky, Shop n Save, Jasons, Ikea, GNC Guardian, Foodworld, Shopwise
Manajemen dalam PT. Hero Supermarket tak jauh berbeda dengan perusahaan lainnya yaitu, untuk mencapai tujuan secara efektif dan efisien, sehingga perusahaan akan mampu bertahan dan dapat berkembang lebih besar serta lebih baik lagi.

 Rapat Anggota
Suatu perusahaan termasuk PT. Hero Supermarket melaksanakan tata kelola perusahaan dengan melakukan IPO (Initial Public Offering) dengan komposisi sebagai pemegang saham. Dimana kegiatan IPO ialah kegiatan penawaran saham yang diatur oleh pasar modal itu sendiri.

Pengurus di PT. Hero Supermarket Tbk yang tersebar ke seluruh Indonesia
1.      Ketua Umum
Jakwan (Giant Poins Lebak Bulus)
2.      Sekretaris Jendral
Syafriadi (Giant Spm Menteng Huis)
3.      Wakil Sekretaris Jendral
Toto Suranto (Giant Cimanggis)
4.      Majelis Pertimbangan Organisasi (MPO)
Bunyamin (Giant Cimanggis)
5.      Badan Internal Audit
Budiarto (Head Office)
6.      Sekretaris BIA
Herman Widianto (Giant Taman Yasmin)
7.      Ketua I
Arief H Siagian (Giant Bekasi)
8.      Ketua II
Kosim (Giant Poins Lebak Bulus)
9.      Bendahara
Sukirno (Hero Sarinah)
10.  Wakil Bendahara
Mahtub (Hero Kemang Villa)
      Divisi-divisi
 
1.      Divisi Hukum dan Advokasi
Agus Sulendi (Giant Kalibata)
2.      Divisi Hukum dan Advokasi
Ahmad Yani (Giant Spm Gunung Sahari)
3.      Divisi Hukum dan Advokasi
Darmanto (Giant Spm Palur Solo)
4.      Divisi Hukum dan Advokasi
Al Imran (Giant Spm Rawamangun)
5.      Divisi Hukum dan Advokasi
Suprianto (Giant City Mall)
6.      Divisi Sosial dan Rohani
Puji Kuswanto (Giant Points Lebak Bulus)
7.      Divisi Sosial dan Rohani
Heriyanto (Giant Semanggi)
8.      Divisi Sosial dan Rohani
Sodlih (Giant Spm Bintaro Veteran)
9.      Divisi Sosial dan Rohani
Chaerul Umam (Starmart Mth Square)
10.  Divisi Seni dan Olahraga
Edy Suhendra (Giant Spm Slipi Jaya)
11.  Divisi Seni dan Olahraga
Eka Wirya (Hero Tarogong)
12.  Divisi Usaha
Husin (Giant Spm Lebak Bulus)
13.  Divisi Usaha
Romdoni (Giant Spm Rawamangun)
14.  Divisi Humas
Zaenal Arifin (Hero Sarinah)
15.  Divisi Humas
Dedy Jayadi (Hero Senayan)
16.  Divisi P4O
Saepudin (Giant Spm Bintara)
17.  Divisi P4O
Widianto (Giant Bekasi)
18.  Divisi P4O
Solyan Hadi (Giant Margo City Depok)
19.  Divisi Komite Pekerja Muda
Joko Triatno (Hero Senayan)
20.  Divisi Komite Pekerja Muda
Ferdiansyah (Hero Cokroaminoto)
21.  Divisi Komite Perempuan
Nuraini (Giant Bintaro Emirald)
22.  Divisi Komite Perempuan
Sri Maryati (Giant Ciledug)
23.  Divisi IT
-
24.  Divisi Profesional Manager Staff (PMS)
Ivan Agusta (Giant Citra Garden)
25.  Divisi Profesional Manager Staff (PMS)
Anton Gonar

Pengawai
Untuk bisa terus menjalankan kegiatan dalam perusahaan, PT. Hero Supermarket Tbk juga harus memiliki pengawasan secara internal maupun eksternal dengan  melibatkan pihak-pihak yang memang telah terpilih dan mampu untuk menjalankan perusahaan dengan baik.

 Manajer
Salah satu yang berdampak pada keberhasilan suatu perusahaan itu karena kerjasama semua pihak yang tergabung pada PT. Hero Supermarket Tbk, dengan dukungan, loyalitas dan kreatifitas sehingga dibutuhkan tenaga kerja lokal yang tersebar mulai dari posisi jabatan President Commisioner, Commisioner, Independent Commissioner, President Dorector dan Non Affiliated Director. Dengan itu sudah jelas bahwa manajer sangat dibutuhkan dalam kunci keberhasilan suatu perusahaan.
Pendekatan sistem PT. Hero Supermarket Tbk, saat ini sudah mengimplementasikan sistem penerimaan barang, pengiriman barang, produksi barang, hingga penjualan barang. Dengan ini maka PT. Hero Supermarket Tbk ingin mendapatkan barang/jasa dengan kualitas baik, harga wajar, tepat waktu dan melalui prosedur barang yang benar.

 Jenis Perusahaan
PT. Hero Supermarket Tbk termasuk jenis perusahaan dagang, karena perusahaan ini menjual produk ke pelanggan, tetapi tidak semua barang yang akan dijual diproduksi sendiri oleh PT. Hero Supermarket Tbk. Perusahaan ini membeli dari perusahaan lain yang akan menjualnya. PT. Hero Supermarket Tbk termasuk kedalam Perusahaan, bukan Badan Usaha karena PT. Hero Supermarket Tbk adalah suatu bentuk usaha yang mencari keuntungan, baik yang bergerak dalam bidang perdagangan, bergerak dalam bidang usaha produksi barang, dan bergerak dalam bidang usaha jasa serta memiliki suatu struktur organisasi, manajemen, lokasi dan karyawan.
PT. Hero Supermarket Tbk berdasarkan hukum termasuk kedalam PT (Perseroan Terbatas), karena perusahaan yang kepemilikan modalnya terbagi atas saham-saham dimana tanggungjawab pemegang saham terbatas pada saham yang dimiliki. Dengan komposisi pemegang saham sebagai berikut: PT. Hero Pusaka Sejati 50.10%, PT. Matahri Putra Prima Tbk 10.42%, SVV Netherland BV 10.20%, Mulgrave Corp BV 7.63%, dan masyarakat 21.65%.
Modal pada PT. Hero Supermarket Tbk berasal dari saham yang sudah dipertanggungjawabkan. Karena modal perusahaan adalah faktor yang sangat penting dalam perusahaan, dan merupakan hasil residual antara aset dan hutang.
Sumber modal atau aliran dana PT. Hero Supermarket Tbk berasal dari dalam perusahaan dan luar perusahaan, modal dalam perusahaan meliputi penggunaan laba perusahaan, penggunaan cadangan dan penggunaan laba ditahan. Sedangkan modal dari luar perusahaan meliputi saham jangka pendek maupun jangka panjang.

Distribusi Cadangan Perusahaan
PT. Hero Supermarket Tbk memulai dengan menggalakan program promosi untuk mengubah pandangan masyarakat tentang Hero itu sendiri. Menurut Ipung Kurnia (CEO Hero) , strategi seperti ini mampu menaikkan omzet hingga 30%. Selain itu juga gencar diadakan undian berhadiah, dengan maksud untuk tetap terus menggandeng para konsumen.

Efek-efek ekonomis PT. Hero Supermarket Tbk harus berjalan dengan baik agar dapat tercapi tujuan perusahaan itu sendiri. Peran dari para karyawan-pun sangat menentukan keberhasilan perusahaan tersebut.

 Efek Harga dan Efek Biaya
Dilihat dari PT. Hero Supermarket Tbk, bahwa harga yang dikeluarkan untuk setiap produknya pasti sudah diperhitungkan, mulai dari harga asli dari perusahaan asal, harga setelah didistribusikan, dan harga-harga yang tak terduga lainnya.
 
Analisis Hubungan Efek Ekonomis Dengan Keberhasilan Perusahaan
            Keberhasilan PT. Hero Supermarket Tbk, jika dilihat dari sisi perusahaan sampai saat ini Hero merupakan satu-satunya retailer lokal yang memiliki strategi pengembangan private label yang cukup intensif. Dengan strategi ini Hero diharapkan mampu meningkatkan kemampuan labanya.

Penyajian dan Analisis Neraca Pelayanan
           Penyajian neraca tergantung pada hasil yang telah diperoleh PT. Hero Supermarket Tbk dan harga yang diperjualbelikan-pun setiap hari bisa mengalami perubahan.

Efisiensi Perusahaan
Suatu perusahaan dikatakan efisien apabila jumlah penerimaan konsumen akan barang yang dibutuhkan mudah dipenuhi oleh PT. Hero Supermarket Tbk.
Efisiensi PT. Hero Supermarket Tbk terfokus pada hasil dan target penjualan barang yang dipasarkan diberbagai gerai seluruh Indonesia.
Analisis laporan PT. Hero Supermarket Tbk terdiri dari laporan harian, mingguan, bulanan, tahunan, berkelanjutan, eksplorasi, dan keuangan.
             Peranan PT. Hero Supermarket Tbk dalam persaingan seperti dalam pasar modal, yaitu dengan melakukan IPO (Initial Public Offering) pada tanggal 21 Agustus 1989. Komposisi pemegang saham per tanggal 25 Juli 2001 adalah sebagai berikut: PT Hero Pusaka Sejati 50.10%, PT Matahari Putra Prima Tbk 10.42%, SSV Netherland BV 10.20%, Farm diperkirakan sebesar 7.63%, yaitu melalui Mulgrave Corp. BV. Selain itu Dairy Farm melalui Mulgrave Corp. BV juga memiliki obligasi konversi sebesar 24.55%. Dengan demikian total kepemilikan Dairy Farm atas saham Hero adalah 32.18%.

 Referensi


 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar