Selasa, 12 Mei 2015

Pemeriksaan Akuntansi Keuangan 2 (Laporan Audit Manajemen)

Depok,  12 Mei 2015
No                   : 001/KAP/IV/2015
Lampiran         : 3 eksemplar
Perihal             : Laporan Hasil Audit Pemasaran

Kepada
Yth, Direktur PT. XYZ
Di Depok

            Kami telah melakukan audit atas Manajemen Pemasaran pada PT. XYZ untuk periode tahun 2015. Audit kami tidak dimaksudkan untuk memberikan pendapat atas kewajaran laporan keuangan perusahaan dan oleh karenanya kami tidak memberikan pendapat atas laporan keuangan tersebut. Audit kami hanya mencakup bidang Sistem Manajemen Pemasaran yang dimiliki (terjadi pada) PT. XYZ. Audit tersebut dimaksudkan untuk menilai efisiensi (daya guna) dan efektivitas (hasil guna). Sistem Manajemen Pemasaran yang dilakukan dan memberikan saran perbaikan atas kelemahan dalam penerapannya yang ditemukan selama audit berlangsung, sehingga diharapkan di masa yang akan datang dapat dicapai perbaikan atas kekurangan tersebut dan perusahaan dapat beroperasi dengan lebih efisien dan efektif dalam mencapai tujuannya.
            
Hasil audit kami sajikan dalam bentuk laporan audit yang meliputi :
Bab I               : Informasi Latar Belakang
Bab II              : Kesimpulan Audit yang Didukung dengan Temuan Audit
Bab III             : Rekomendasi
Bab IV             : Ruang Lingkup Audit
           
Dalam melaksanakan audit kami telah memperoleh banyak bantuan, dukungan, dan kerja sama dari berbagai pihak baik jajaran direksi maupun staf yang berhubungan dengan pelaksanaan audit ini. Untuk itu kami mengucapkan terima kasih atas kerja sama yang telah terjalin dengan baik selama ini.


     Kantor Akuntan Publik                      
         Dina Permatasari dan Desra Diar                      


Dina Permatasari dan Desra Diar, S.E., M.M., Ak., BAP. 




Bab I
Informasi Latar Belakang

PT. XYZ (selanjutnya disebut “Perusahaan”) Sebagai PT. MULIA PRATAMA MAJU didirikan pada tahun 2009 oleh seorang sarjana. Pada awalnya mereka bertujuan untuk memudahkan dalam penjualan, baik itu obat-obatan dan makanan.
  1. XXXX
  2. XXXX
  3. XXXX
  4. XXXX
Tujuan didirikannya perusahaan adalah Menyuguhkan tempat yang berkonsep lifestyle & entertainment dengan terrace dinning concept serta nuansa yang dynamic, dan energic.

serta menjadi acuan pelaksanaan kepatuhan dan tata kelola perusahaan yang baik. Secara keseluruhan jasa pelayanan yang diberikan dapat dikelompokkan menjadi dua, yaitu :
  • Jasa pelayanan XZZ, yang meliputi :
a.       Jasa BCD
b.      Jasa MNO
c.       Jasa FGH
d.      Jasa RST
  •  Jasa Layanan Lampiran, yang meliputi :
a.       Jasa IJK
b.      Jasa JKL
c.       Jasa STR
d.      Jasa EFG

Susunan direksi Perusahaan adalah sebagai berikut :
Dewan Komisaris                    : XXXX
Direktur Utama                       : XXXX
Wakil Direktur Utama             : XXXX
Pemimpin Wilayah                  : XXXX

Sedangkan tujuan dilakukannya audit adalah :
  1. Menilai kemampuan perusahaan dalam memasarkan produknya.
  2.  Memberikan saran perbaikan atas kelemahan pengelolaan sistem mananajemen pemasaran produk.


Bab II
Kesimpulan Audit

Berdasarkan temuan (bukti) yang kami peroleh selama audit yang kami lakukan, kami dapat menyimpulkan sebagai berikut :
Kondisi :
  1. Persaingan dalam pemasaran yang semakin ketat
  2. Developer berlomba-lomba bersaing dengan menawarkan  harga barang atau alat-alat farmasi yang terjangkau agar konsumen tertarik untuk membeli
Kriteria :
  1. Untuk mengetahui apakah  marketing pemasaran memberikan persyaratan yang mudah bagi konsumen dalam membeli alat-alat farmasi.
  2.  Untuk mengetahui berapa tingkat kepuasan konsumen terhadap perusahaan maka perusahaan memerlukan kotak kritik dan saran.

Penyebab :
  1. Persaingan ketat antar produsen dalam menarik konsumen untuk membeli alat-alat farmasi  yang mereka tawarkan.
  2.  Belum tersedianya kotak kritik dan saran untuk pelanggan.
Akibat :
  1. Penjualan alat-alat farmasi tidak sesuai harapan marketing pemasaran. Barang yang seharusnya terjual habis selama satu bulan ternyata masih ada unit yang tersisa /belum terjual.
  2. Perusahaan tidak mengetahui berapa tingkat kepuasaan, keinginan, dan kebutuhan pelanggan.

Pejabat yang bertanggung jawab :
Kepala Cabang PT. XXX

DAFTAR RINGKASAN TEMUAN AUDIT

No.
Kondisi
Kriteria
Penyebab
Akibat
1.       
Rencana Jangka Pendek
Barang-barang yang tersisa XYZ belum habis terjual
Promosi yang  sudah ada belum menarik hati konsumen untuk membeli alat-alat farmasi yang di tawarkan
Terhitung dari satu bulan yang lalu saat alat-alat farmasi baru dipasarkan sampai bulan ini masih tersisa belum terjual habis.

Rencana Jangka Panjang
Menjadi trendsetter dikalangan investor  dengan menciptkan produk yang tidak hanya bergerak dibidang farmasi
Persaingan di kalangan produsen semakin  ketat
Jangka waktu terjual habis tidak sesuai dengan harapan yang di inginkan manajemen marketing pemasaran




Bab III
Rekomendasi

Hasil audit yang dilakukan menemukan beberapa kelemahan yang harus menjadi perhatian manajemen di masa yang akan datang. Kelemahan ini dapat dikelompokkan menjadi dua yaitu :
  1. Kelemahan yang terjadi pada selera konsumen terhadap alat-alat farmasi yang ditawarkan.
  2. Kelemahan yang terjadi karena perusahaan tidak mengetahui tingkat kepuasan, keinginan, dan kebutuhan perusahaan.
Atas keseluruhan kelemahan yang terjadi, maka diberikan rekomendasi sebagai koreksi atau langkah perbaikan yang bisa diambil manajemen untuk memperbaiki kelemahan tersebut.

Rekomendasi :
  1. Perusahaan harus memiliki SDM yang mampu untuk melakukan pemeriksaan terhadap sistem transaksi online.
  2. Perusahaan harus memiliki kotak kritik dan saran untuk mengetahui tingkat kepuasan, keinginan, dan kebutuhan perusahaan.
Keputusan untuk melakukan perbaikan atas kelemahan ini sepenuhnya ada pada manajemen, tetapi jika kelemahan ini tidak segera diperbaiki kami mengkhawatirkan terjadi akibat yang lebih buruk terhadap tingkat kepuasan pelanggan terhadap pelayanan yang diberikan perusahaan di masa yang akan datang.

Bab IV
Ruang Lingkup Audit


Sesuai dengan penugasan yang kami terima, audit yang kami lakukan hanya meliputi masalah Sistem Manajemen Pemasaran  pada PT. XYZ untuk periode tahun 2015. Audit ini mencakup seluruh penilaian atas kegiatan manajemen pemasaran  yang berkaitan dengan sistem pemasaran produk itu sendiri.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar