Depok, 12 Mei 2015
No : 001/KAP/IV/2015
Lampiran :
3 eksemplar
Perihal :
Laporan Hasil Audit Pemasaran
Kepada
Yth, Direktur PT. XYZ
Di Depok
Kami
telah melakukan audit atas Manajemen Pemasaran pada PT. XYZ untuk periode tahun
2015. Audit kami tidak dimaksudkan untuk memberikan pendapat atas kewajaran
laporan keuangan perusahaan dan oleh karenanya kami tidak memberikan pendapat
atas laporan keuangan tersebut. Audit kami hanya mencakup bidang Sistem Manajemen
Pemasaran yang dimiliki (terjadi pada) PT. XYZ. Audit tersebut dimaksudkan
untuk menilai efisiensi (daya guna) dan efektivitas (hasil guna). Sistem
Manajemen Pemasaran yang dilakukan dan memberikan saran perbaikan atas
kelemahan dalam penerapannya yang ditemukan selama audit berlangsung, sehingga
diharapkan di masa yang akan datang dapat dicapai perbaikan atas kekurangan
tersebut dan perusahaan dapat beroperasi dengan lebih efisien dan efektif dalam
mencapai tujuannya.
Hasil audit kami sajikan dalam bentuk
laporan audit yang meliputi :
Bab
I :
Informasi Latar Belakang
Bab
II :
Kesimpulan Audit yang Didukung dengan Temuan Audit
Bab
III :
Rekomendasi
Bab
IV :
Ruang Lingkup Audit
Dalam melaksanakan audit kami telah
memperoleh banyak bantuan, dukungan, dan kerja sama dari berbagai pihak baik
jajaran direksi maupun staf yang berhubungan dengan pelaksanaan audit ini.
Untuk itu kami mengucapkan terima kasih atas kerja sama yang telah terjalin
dengan baik selama ini.
Kantor Akuntan
Publik
Dina
Permatasari dan Desra Diar
Dina Permatasari
dan Desra Diar, S.E., M.M., Ak., BAP.
Bab I
Informasi Latar
Belakang
PT. XYZ (selanjutnya disebut “Perusahaan”)
Sebagai PT. MULIA PRATAMA MAJU didirikan
pada tahun 2009 oleh seorang sarjana. Pada awalnya mereka bertujuan untuk
memudahkan dalam penjualan, baik itu obat-obatan dan makanan.
- XXXX
- XXXX
- XXXX
- XXXX
Tujuan didirikannya
perusahaan adalah Menyuguhkan tempat yang
berkonsep lifestyle & entertainment dengan terrace dinning concept serta nuansa yang dynamic, dan
energic.
serta menjadi acuan pelaksanaan
kepatuhan dan tata kelola perusahaan yang baik. Secara keseluruhan jasa
pelayanan yang diberikan dapat dikelompokkan menjadi dua, yaitu :
- Jasa pelayanan XZZ, yang meliputi :
a. Jasa BCD
b. Jasa MNO
c. Jasa FGH
d. Jasa RST
- Jasa Layanan Lampiran, yang
meliputi :
a. Jasa IJK
b. Jasa JKL
c. Jasa STR
d. Jasa EFG
Susunan direksi Perusahaan adalah
sebagai berikut :
Dewan
Komisaris :
XXXX
Direktur
Utama :
XXXX
Wakil Direktur
Utama :
XXXX
Pemimpin
Wilayah :
XXXX
Sedangkan tujuan dilakukannya audit
adalah :
- Menilai kemampuan perusahaan dalam memasarkan
produknya.
- Memberikan saran perbaikan atas
kelemahan pengelolaan sistem mananajemen pemasaran produk.
Bab II
Kesimpulan Audit
Berdasarkan temuan (bukti) yang kami peroleh selama
audit yang kami lakukan, kami dapat menyimpulkan sebagai berikut :
Kondisi :
- Persaingan dalam pemasaran yang semakin ketat
- Developer berlomba-lomba bersaing dengan
menawarkan harga barang atau alat-alat farmasi yang
terjangkau agar konsumen tertarik untuk membeli
Kriteria :
- Untuk mengetahui apakah marketing pemasaran memberikan
persyaratan yang mudah bagi konsumen dalam membeli alat-alat farmasi.
- Untuk mengetahui berapa tingkat
kepuasan konsumen terhadap perusahaan maka perusahaan memerlukan kotak
kritik dan saran.
Penyebab :
- Persaingan ketat antar produsen dalam
menarik konsumen untuk membeli alat-alat farmasi yang mereka tawarkan.
- Belum tersedianya kotak kritik
dan saran untuk pelanggan.
Akibat :
- Penjualan alat-alat farmasi tidak sesuai harapan
marketing pemasaran. Barang yang seharusnya terjual habis selama satu bulan ternyata masih ada unit yang tersisa /belum terjual.
- Perusahaan tidak mengetahui berapa tingkat
kepuasaan, keinginan, dan kebutuhan pelanggan.
Pejabat yang bertanggung jawab :
Kepala Cabang PT. XXX
DAFTAR RINGKASAN TEMUAN AUDIT
No.
|
Kondisi
|
Kriteria
|
Penyebab
|
Akibat
|
1.
|
Rencana Jangka Pendek
|
Barang-barang yang tersisa XYZ belum
habis terjual
|
Promosi yang
sudah ada belum menarik hati konsumen untuk membeli alat-alat farmasi yang di tawarkan
|
Terhitung dari satu bulan yang lalu saat alat-alat farmasi baru dipasarkan sampai bulan ini masih tersisa belum terjual
habis.
|
|
Rencana Jangka Panjang
|
Menjadi trendsetter dikalangan investor dengan menciptkan produk yang tidak hanya
bergerak dibidang farmasi
|
Persaingan di kalangan produsen semakin ketat
|
Jangka waktu terjual habis tidak sesuai
dengan harapan yang di inginkan manajemen marketing pemasaran
|
Bab III
Rekomendasi
Hasil audit yang dilakukan menemukan beberapa
kelemahan yang harus menjadi perhatian manajemen di masa yang akan datang.
Kelemahan ini dapat dikelompokkan menjadi dua yaitu :
- Kelemahan yang terjadi pada selera konsumen terhadap alat-alat farmasi yang ditawarkan.
- Kelemahan yang terjadi karena perusahaan tidak
mengetahui tingkat kepuasan, keinginan, dan kebutuhan perusahaan.
Atas keseluruhan kelemahan yang terjadi, maka
diberikan rekomendasi sebagai koreksi atau langkah perbaikan yang bisa diambil
manajemen untuk memperbaiki kelemahan tersebut.
Rekomendasi :
- Perusahaan harus memiliki SDM yang mampu untuk
melakukan pemeriksaan terhadap sistem transaksi online.
- Perusahaan harus memiliki kotak kritik dan saran
untuk mengetahui tingkat kepuasan, keinginan, dan kebutuhan perusahaan.
Keputusan
untuk melakukan perbaikan atas kelemahan ini sepenuhnya ada pada manajemen,
tetapi jika kelemahan ini tidak segera diperbaiki kami mengkhawatirkan terjadi
akibat yang lebih buruk terhadap tingkat kepuasan pelanggan terhadap pelayanan
yang diberikan perusahaan di masa yang akan datang.
Bab IV
Ruang Lingkup Audit
Sesuai dengan penugasan yang kami terima, audit yang
kami lakukan hanya meliputi masalah Sistem Manajemen Pemasaran pada
PT. XYZ untuk periode tahun 2015.
Audit ini mencakup seluruh penilaian atas kegiatan
manajemen pemasaran yang berkaitan
dengan sistem pemasaran produk itu sendiri.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar